RSS

Januari 28, 2010

Motor Starter

Fungsi Motor Starter

Motor starter berfungsi untuk memutarkan fly wheel (poros engkol) pertama kali sehingga mesin dapat hidup setelah itu terjadi siklus yang akan menghasilkan tenaga.

Prinsip Kerja Motor Starter
Prinsip kerja motor starter adalah merubah energi listrik menjadi energi mekanik dalam bentuk gerak putar.
Konstruksi
Konstruksi motor starter terdiri dari tiga bagian, yaitu :
1. Bagian yang menghasilkan putaran.
2. Mekanisme pemindah tenaga
3. Sakelar magnet (magnetic switch)

Komponen-komponen Motor Starter
1. Yoke & pole core
Yoke dibuat dari logam yang berbentuk silinder dan berfunsi sebagai tempat pole core yang diikat dengan skrup. pole core berfungsi sebagai penompang field coil dan memperkuat medan magnet yang ditimbulkan oleh field coil.
2. Field coil
Terbuat dari lempengan tembaga dengan maksud dapaat memungkinkan mengalirnya arus listrik yang cukup kuat. Field coil berfungsi untuk dapat membangkitkan medan magnet.
3. Armature & shaft
Armature terdiri dari sebatang besi yang berbentuk silindris dan diberi slot-slot, poros, komutator seta kumparan armature. Dan berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi energi mekanik.
4. Brush
Dibuat dari tembaga lunak dan berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke armature coil langsung ke massa melalui komutator. Umumnya starter memiliki empat buah brush, yaitu dua brush positif dan dua brush negatif.
5. Armature brake
Armature brake berfungsi sebagai pengerem putaran armature setelah lepas dari perkaitan dengan roda penerus.
6. Drive lever
Drive lever berfungsi utnuk mendorong pinion gear ke arah posisi berkaitan dengan roda penerus. Dan melepas perkaitan pinion gear dariperkaitan roda penerus.
7. Starter Clutch
Starter clutch berfungsi untuk memindahkan momen puntir dari armature saft kepada roda penerus, sehingga dapat berputar. Sterter clutch juga berfungsi sebagai pengaman dari armature coil bilamana roda penerus cnederung memutarkan pinion gear.
8. Sakelar Magnet (selenoid/magnetic switch)
Sakelar magnet digunakan untuk menghubungkan dan melepaskan pinion gera ke/dari roda penerus sekaligus mengalirkan arus listrik yang besar pada sirkuit motor starter melalui terminal utama.